RAKYAT.NEWS, JENEPONTO – Diterpa Sejumlah Krisis, Kepemimpinan Iksan Iskandar dan Paris Yasir Tetap Tangguh sampai Akhir Periode.

Bupati Iksan Iskandar mengungkapkan refleksi kepemimpinan pada Kegiatan Rapat Kerja Daerah Pemerintah Kabupaten Jeneponto, Senin (04/12/2023).

Rakerda yang menghadirkan narasumber dari Pimpinan DPRD dan Forkopimda dan diikuti oleh para Kepala Perangkat Daerah ini mengangkat 𝙏𝙚𝙢𝙖 𝙍𝙖𝙥𝙖𝙩 𝙆𝙚𝙧𝙟𝙖 ” 𝘽𝙚𝙧𝙘𝙚𝙧𝙢𝙞𝙣 𝘿𝙖𝙧𝙞 𝙈𝙖𝙨𝙖 𝙇𝙖𝙡𝙪 𝙐𝙣𝙩𝙪𝙠 𝙈𝙚𝙢𝙥𝙚𝙧𝙨𝙞𝙖𝙥𝙠𝙖𝙣 𝙈𝙖𝙨𝙖 𝘿𝙚𝙥𝙖𝙣” dan akan berlangsung sampai pada 6 Desember desember mendatang.

Selain itu, Evaluasi Capaian periode 2018-2023 dan perumusan perencanaan untuk periode selanjutnya turut menjadi fokus utama dalam acara yang berlangsung di Hotel Santika Makassar tersebut.

Diketahui bahwa kepemimpinan Bupati Iksan Iskandar dan Wakil Bupati Paris Yasir yang akan tuntas pada akhir Desember 2023 ini menjalankan Visi Jeneponto SMART 2023 (Berdaya Saing, Maju, Religius, dan Berkelanjutan) yang didukung oleh delapan Misi sebagai nilai-nilai dan pedoman bagi Pemerintah Daerah untuk mencapai visi tersebut.

Iksan menjelaskan bahwa di awal kepemimpinannya pada tahun 2019, Jeneponto diuji dengan bencana banjir bandang dan diikuti oleh wabah Covid-19 pada tahun 2020 dan 2021.

“Meskipun demikian, kinerja pemerintahan tetap tangguh, dengan capaian yang mencerminkan keberhasilan dan ketangguhan dalam menghadapi berbagai tantangan,” ungkapnya.

Beberapa point capaian kinerja yang disampaikan antara lain;
1. Pertumbuhan Ekonomi Stabil: Stabilitas Pertumbuhan Ekonomi Kabupaten Jeneponto dalam rentang tahun 2018-2022 mencapai rata-rata 4,23% per tahun, dengan capaian tertinggi 6,29% pada tahun 2018. Jeneponto menduduki peringkat 17 dalam pertumbuhan ekonomi di tingkat nasional.

2. Peningkatan Indeks Pembangunan Manusia (IPM): IPM Jeneponto naik 1,8 poin dalam periode ini, menempatkan daerah ini pada peringkat 13 di Sulawesi Selatan, melampaui kenaikan rata-rata di tingkat provinsi.