RAKYAT.NEWS, JENEPONTO – Rumah dan Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB  Jeneponto, Kanwil Kemenkumham Sulsel, menggelar penyuluhan kesehatan tentang perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) kepada seluruh narapidana dan tahanan di Lingkup Rutan Jeneponto, Rabu (17/4/2024).

Kegiatan ini sebagai rangkaian peringatan Hari Bhakti Pemasyarakatan (HBP) ke-60 Tahun 2024 yang serentak dilakukan oleh seluruh Satker Lapas dan Rutan di Indonesia.

Dr. Ariyanti selaku penanggung jawab kegiatan juga dokter Rutan Jeneponto, menuturkan, penyuluhan ini menghadirkan narasumber dari Dinas Kesehatan Kabupaten Jeneponto Juju Arfiany selaku Pemegang Program Promosi Kesehatan Dinas Kesehatan Kabupaten Jeneponto.

Pihak Jajaran Rutan Jeneponto dan Dinas Kesehatan berfoto bersama usai penyuluhan kesehatan

“Kegiatan ini penting untuk dilakukan agar warga binaan dapat hidup lebih sehat dan bersih, menjaga lingkungan sekitar tetap bersih dan membiasakan pola hidup yang sehat,” ungkapnya.

Sementara itu, Akmal Arasy selaku narasumber menyampaikan terkait pengertian PHBS, tujuan PHBS, dan indikator PHBS seperti penggunaan air bersih, jamban, CTPS, pemberantasan jentik, beraktivitas fisik, tidak merokok dan makan sayur buah.

“PHBS merupakan semua perilaku kesehatan yang dilakukan karena kesadaran pribadi sehingga keluarga dan seluruh anggotanya mampu menolong diri sendiri pada bidang kesehatan serta memiliki peran aktif dalam aktivitas masyarakat,” jelas Akmal.

Para narapidana dan tahanan di Rutan Kelas IIB Jeneponto

Lebih lanjut, Akmal Arasy juga sampaikan tujuan utama dari gerakan PHBS adalah meningkatkan kualitas kesehatan melalui proses penyadaran yang menjadi awal dari kontribusi individu-individu dalam menjalani perilaku kehidupan sehari-hari yang bersih dan sehat.

Sementara Kepala Rutan Jeneponto Renza Maisetyo sangat mengapresiasi kegiatan ini, mengingat pentingnya menjalankan pola hidup bersih dan sehat.