RAKYAT.NEWS, JENEPONTO – Sebagian besar petani di Jeneponto diperiode Maret hingga April ini melaksanakan panen raya baik komoditi jagung, maupun padi, sehingga diprediksi diakhir April ini hingga pertengahan Mei para petani di Bumi Turatea akan memasuki musim tanam kedua (MT II) tahun 2024.

Menyikapi hal tersebut, Pj Bupati Jeneponto Junaedi B, mengundang para distributor pupuk yang di Jeneponto meliputi 3 badan usaha yakni Budiarto Deja dari CV. Turatea Agro Perkasa, Saharuddin Lara dari Puskud Wilayah Jeneponto, dan Amrina Rachmi Warham mewakili KPI.

Diskusi berlangsung begitu serius hingga larut malam, Minggu (21/4/2024) bertempat di Rumah Jabatan Bupati Jeneponto.

Turut hadir dalam pertemuan tersebut perwakilan dari PT. Pupuk Indonesia Saiful Ahmad.

“Saya sangat berterima kasih ini pak, karena untuk pertama kali kami distributor diundang oleh Bupati untuk membahas kuota dan distribusi pupuk, mudah-mudahan hal seperti ini senantiasa dapat dilaksanakan agar kita bisa bersama-sama memikirkan solusi yang akan ditempuh dalam penyelesaian masalah pupuk, yang setiap tahun dialami oleh para petani,” jelas Rina perwakilan dari distributor KPI.

Dalam pertemuan tersebut, Edi sapaan akrab Pj Bupati Jeneponto meminta agar persoalan klasik ketersediaan pupuk subsidi segera dicarikan solusi oleh pemerintah bersama distributor serta pihak terkait lainnya.

“Saya tidak ingin petani dan distributor berfikir sendiri menyelesaikan masalah ini, makanya kami mengundang untuk kita bicarakan, apa sebenarnya akar masalah dari pupuk ini, pemerintah harus selalu hadir bersama petani, karena petanilah yang menjadi tulang punggung perekonomian daerah ini, selain itu jika petani bisa meningkatkan produktivitas maka yang dapat penghargaan adalah Kadis Pertanian bersama Bupati, bukan petan,i” tegas Junaedi.

Setelah mendapatkan penjelasan dari 3 distributor, terkait fenomena penurunan kuota alokasi pupuk di Jeneponto, Pj Bupati Jeneponto berjanji akan menyampaikan laporan ke Kementrian Pertanian terkait minimnya kuota yang dialokasikan di Kabupaten Jeneponto, termasuk menghimbau kepada seluruh petani khususnya yang memiliki luas lahan diatas rata-rata petani secara umum, agar tidak menggunakan pupuk subsidi, karena pupuk subsidi tersebut dimaksudkan untuk para petani kecil.