RAKYAT.NEWS, Jeneponto – Kejaksaan Negeri (Kejari) Kabupaten Jeneponto menggelar Bakti Sosial (Baksos) dalam rangka Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Persatuan Jaksa Indonesia (PERSAJA) yang ke 72 Tahun.

Kegiatan HUT PERSAJA Ke 72 Tahun 2023 mengangkat Tema “Sinergi dan Kolaborasi Untuk Kemajuan Negeri,” yang dilaksanakan di Pondok Pesantren An Nuriyah Bontocini, Desa Macini Baji, Kecamatan Batang, Kabupaten Jeneponto, Sulawesi Selatan, Senin (8/5/2023).

Kegiatan Baksos kali ini di pimpin langsung oleh Kajari Jeneponto Susanto Gani, SH dan didampingi Para Kepala Seksi, serta seluruh jaksa pada Kejaksaan Negeri Jeneponto.

Kajari Jeneponto Susanto Gani mengungkapkan bahwa tujuan bakti sosial ini yaitu sebagai wujud syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa yang telah memberikan umur panjang bagi Persatuan Jaksa Indonesia (PERSAJA).

Sementara agenda bakti sosial PERSAJA ini yaitu pemberian sembako dari Kejaksaan Negeri Jeneponto kepada Pondok Pesantren An Nuriyah Bontocini, Desa Macini Baji, Kecamatan Batang, Kabupaten Jeneponto, tuturnya.

Selanjutnya, Kajari Susanto menuturkan bahwa dalam rangka Peringatan Hari Ulang Tahun Persatuan Jaksa Indonesia ke-72 tahun 2023 ini Bapak Jaksa Agung RI memberikan sambutannya bahwa PERSAJA sebagai satu-satunya wadah organisasi profesi bagi para jaksa, yang menghimpun, menyatukan dan menaungi para jaksa di seluruh Indonesia dengan berlandaskan keilmuan dan kemasyarakatan yang memperjuangkan tegaknya hukum, yang mengandung makna substansi kepastian, kebenaran dan keadilan.

Dikatakannya, eksistensi PERSAJA diharapkan mampu menjadi fasilitator dalam membentuk jaksa sebagai abdi hukum yang profesional, berintegritas, berkepribadian, berdisiplin, memiliki etos kerja tinggi, penuh tanggung jawab, bermoral dan berhati nurani, sehingga dapat meminimalisir segala bentuk perbuatan tercela yang dilakukan oleh para jaksa.

Susanto menambahkan bahwa PERSAJA sebagai rumah bagi para jaksa, harus transparan dalam menyalurkan aspirasi para anggotanya, untuk itu PERSAJA diharapkan mampu mengaktualisasikan diri dengan memahami perkembangan global, tanggap dan mampu menyesuaikan diri dalam memelihara citra profesi dan kinerja para jaksa, sehingga apa yang disuarakan dapat dirasakan manfaatnya secara utuh bagi anggotanya.