Dandim Jeneponto Letkol Inf Agus Tanra saat membayar zakat fitrah di Markas Kodim Jeneponto. (Foto.Ist)

RAKYAT.NEWS, Jeneponto – Untuk mensucikan harta dan melengkapi puasa ramadhan, anggota Kodim 1425/Jeneponto Korem 141/Toddopuli Kodam XIV/Hasanuddin, menunaikan zakat fitrah jelang idul fitri 1444 H/2023 M.

Kegiatan tersebut dipimpin langsung oleh Dandim 1425/Jeneponto Letkol Inf Agus Tanra, S.Ag., bertempat di Aula Vyati Makodim JL. Lanto Daeng Pasewang, Kelurahan Balang, Kecamatan Binamu, Kabupaten Jeneponto, Selasa (11/4/2023).

Dandim 1425/Jeneponto, Letkol Inf Agus Tanra, dalam sambutannya mengatakan pelaksanaan kegiatan menunaikan zakat fitra ini dilaksanakan secara serentak di seluruh satuan jajaran Kodam XIV Hasanuddin, jelasnya.

Perlu kita ketahui zakat fitrah ini adalah salah satu bagian dari rukun islam yang hukumnya wajib. Tidak hanya berlaku untuk orang dewasa, namun untuk seluruh umat muslim termasuk bayi yang baru lahir, kata Dandim Agus.

Zakat fitrah ini berbeda dengan infaq atau sedekah. Kedua hal tersebut tidak dibatasi kapan dan berapa jumlah yang harus ditunaikan, sedangkan zakat fitrah memiliki perhitungannya sendiri, jelasnya.

Zakat fitrah bisa kita bayarkan sejak awal bulan ramadhan, namun pada umumnya dan lebih baik jika dilakukan saat menjelang idul fitri, dengan tujuan untuk mensucikan harta dan melengkapi ibadah puasa ramadhan.

“Semoga dari hasil pembayaran zakat fitrah dari anggota Kodim 1425/Jeneponto, ini dapat kita salurkan kepada mereka yang berhak menerimanya,” pungkas Dandim Agus Tanra.

Sementara itu panitia zakat fitrah Kodim 1425/Jeneponto Serma Abd Azis mengatakan, tahun ini pihaknya menerima zakat dari Prajurit, PNS dan keluarganya, dengan indek uang sebesar Rp 36.000 per orang dan beras 4 Liter per orang.