RAKYAT.NEWS, JENEPONTO – Dalam rangka peringatan hari Kontrasepsi Sedunia, Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (P2KB) Kabupaten Jeneponto dengan Komando Distrik Militer (Kodim) 1425 Jeneponto, Korem 141 Toddopuli, Kodam XIV Hasanuddin, menggelar kegiatan pelayanan KB MKJP dan Non MKJP, yang dilaksanakan di seluruh Puskesmas Wilayah Kabupaten Jeneponto, Sulawesi Selatan, Selasa, 26 September 2023.

Kegiatan Pelayanan KB Serentak Sejuta Akseptor ini dilakukan secara serentak di seluruh pelayanan kesehatan Kabupaten Jeneponto dari tanggal 26 September hingga 4 Oktober 2023.

“Target sudah kami bagi untuk masing-masing wilayah yang ada di Kabupaten Jeneponto,” kata Kadis Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (P2KB) Kabupaten Jeneponto dr. H.M Iswan Sanabi, SP.Rad, MM di Puskesmas Bontosunggu Kota.

Iswan Sanabi mengatakan adapun jenis pelayanan KB yang yang disediakan kepada masyarakat terdiri dari alat kontrasepsi berupa pil, kondom, suntik, IUD, implan, dengan tetap memperhatikan kualitas pelayanan dan kondisi zona wilayah kecamatan.

Dalam kesempatan ini, kata Iswan terjalin kolaborasi dengan Kodim 1425 Jeneponto sebagai landasan kerja sama yang lebih intensif lagi, untuk berfokus meningkatkan akses dan kualitas pelayanan keluarga berencana dan kesehatan reproduksi kepada seluruh masyarakat di Jeneponto.

“Harapannya dapat dilakukan upaya advokasi, komunikasi, informasi dan edukasi (KIE) kepada masyarakat, peningkatan kapasitas sumber daya, perluasan mitra dan jejaring pelayanan KB serta kegiatan lainnya,” ujar Iswan.

Sementara mewakili Dandim 1425 Jeneponto, Pasi Ter Kodim 1425 Jeneponto Kapten Inf Sayuti bersama Kepala Dinas P2KB Kabupaten Jeneponto dr. H. M. Iswan Sanabi, Sp.Rad., M.M., dan Kapolkes 14.09.09 Kodim 1425 Jeneponto, Peltu Sudarmin memantau pelaksanaan kegiatan pelayanan KB di Puskesmas Bontosunggu Kota Kabupaten Jeneponto.