Laporan : Tim Jelajah Ramadhan Berkah (Tim JRB)

RAKYAT.NEWS, JENEPONTO – Ada pemandangan yang tak biasa pada saat simaan hafalan Al-Qur’an yang dilaksanakan setiap ba’da sholat subuh di Masjid Agung Jeneponto.

Nampak puluhan Jamaah berpakaian serba putih, jenggot panjang dan lebat dengan postur tubuh diatas rata rata menjadikan nampak berbeda dari jamaah yang lain.

Puluhan jamaah yang berpakaian serba putih, jenggot lebat dan panjang adalah saudara seiman jamaah dakwah dari Pakistan yang melakukan perjalanan dakwah ke ke Indonesia termasuk Jeneponto.

Salah satu agenda dakwah selama berada di Jeneponto adalah mengikuti I’tikaf dan simaan hafalan Al-Qur’an di Masjid Agung Jeneponto.

Secara bersamaan Program Simaan Hafalan Al-Qur’an telah memasuki Juz ke 29 tepat di hari ke 26 Ramadhan 1445 H, Sabtu (6/4/2024)

Hafidz yang tampil pada simaan Al-Qur’an Juz ke 29 adalah ananda Abuzar Al Ghifary Nur Irsyam dan Abdul lathif fath Al haliq.

Berikut biodata lengkap hafidz yang tampil simaan Juz ke 29 :

1.Nama lengkap Abuzar Alghifary Nur Irsyam, Tempat lahir : Jeneponto, Tanggal lahir: 19 Mei 2014, sekolah MTsN 1 Jeneponto, alamat jalan Lanto Dg. Pasewang, Kecamatan Tamalatea.

2.Nama lengkap Abdul lathif fath al Haliq, tempat lahir : Makassar, tanggal lahir: 20 Maret 2010, sekolah MTsN 1 Jeneponto, alamat perumahan Bontosunggu Indah Karisa.

Tim Jelajah Ramadhan Berkah (Tim JRB) melakukan reportase kepada kepala Madrasah MTsN 1 Jeneponto, Abdul Rahman, S.Ag.,MM, dan salah seorang orang tua peserta simaan Irsyam yang berada di masjid agung saat menyimak simaan Juz ke 29.

Rahman menjelaskan bahwa keberadaan siswa MTsN 1 Jeneponto tampil pada simaan hafalan Al-Qur’an di masjid agung tidak terlepas dari pembinaan rumah Tahfidz MTsN 1 Jeneponto yang dibentuk tahun 2023 lalu. Ditempat inilah dilakukan pembinaan kepada anak anak yang secara khusus menghafal Al-Qur’an dengan tidak mengurangi kegiatan mereka mengikuti pelajaran reguler di sekolah.