RAKYAT.NEWS, JENEPONTO – Untuk mengantisipasi terhadap gangguan keamanan dan ketertiban di dalam rutan, Kanwil Kemenkumham Sulsel terus melakukan penggeledahan blok hunian di Rutan Jeneponto, Senin (30/10/2023).

Penggeledahan dipimpin oleh Kabid Pelayanan Tahanan Surianto, bersama dengan tim didampingi oleh Karutan Jeneponto Renza Maisetyo, Ka. KPR Supriadi Arsyad serta komandan jaga dan regu pengamanan yang bertugas.

Sinergi antara Satgas Kamtib Kanwil Sulsel dan Rutan Jeneponto tersebut dimulai dengan penggeledahan di blok wanita dilanjut ke blok laki-laki.

Kabid Pelayanan Tahanan Surianto menjelaskan bahwa kegiatan Satgas Kamtib tersebut menjadi agenda rutin yang dilakukan secara berkala di semua korwil di Sulsel.

Kegiatan itu juga menjadi salah satu faktor untuk menjadikan kondisi rutan menjadi lebih kondusif dan bebas dari barang-barang terlarang. Salah satu caranya dengan penggeledahan untuk menemukan barang-barang yang berpotensi menciptakan gangguan kamtib.

“Dari awal kami sudah melihat bahwa Rutan Jeneponto sangat bersih, baik itu dari sisi lingkungan maupun keamanan dan ketertibannya,” jelasnya.

“Dan benar adanya, ketika digeledah tim tidak menemukan benda-benda yang mencurigakan ataupun barang yang berpotensi menciptakan gangguan kamtib,” jelasnya.

Setelah melaksanakan penggeledahan blok hunian di Rutan Jeneponto, Kabid Pelayanan Tahanan Surianto melaksanakan briefing bersama dengan pegawai Rutan Jeneponto.

Surianto, dalam kesempatan ini mengajak seluruh pegawai Rutan Jeneponto untuk bersyukur kepada Tuhan atas segala nikmat dan karunia yang telah diberikan kepada manusia.

“Saudara sekalian, mari kita bersyukur kepada Tuhan. Saya ingatkan bahwa orang yang mengeluh itu sedang mengejek Tuhan. Tuhan sudah siapkan semua fasilitas. Tapi kenyataannya masih saja ada yang mengeluh,” kata Surianto.

Surianto menjelaskan terdapat 6 (enam) potensi yang disiapkan oleh Tuhan kepada seluruh umat manusia, yaitu Panca Indera, Logika, Nurani, Naluri, Intuisi, dan Imajinasi.