Hal tersebut tersirat pada logo Unhas seperti yang terlihat pada bagian tengah logo Universitas Hasanuddin ialah pohon lontar dimana lontar merupakan pohon beribu manfaat. Buahnya dapat dimakan, daunnya dapat dijadikan atap, batangnya dapat menjadi bahan membangun sebuah rumah, tidak hanya itu Sebelum ada kertas, daun lontar dijadikan sebagai media mencatat. ini melambangkan multi manfaat para intelektual muda yang merupakan jebolan kampus yang identik dengan jas merah harus dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat luas.

Potensi para Alumni Unhas yang tersebar dengan profesi yang beragam dapat menjadi sumbu pemantik yang kuat dalam mewujudkan tatanan peradaban baru pada sektor kesehatan, politik, hukum, sosial, dan budaya di tengah masyarakat.

Selain itu, dalam mewujudkan Indonesia gemilang 2045 kedepan kontribusi para alumni sangat menentukan arah kebijakan dengan tawaran konsep sebagai solusi di setiap persoalan. Kita berharap bahwa, satunya sudut pandang dalam mewujudkan Jeneponto yang lebih baik kedepan dapat menjadi issu sentral dalam merumuskan sebuah organisasi yang mandiri dalam bertindak dan kreatif dalam menawarkan solusi.

IKA Unhas Jeneponto harus mampu membangun peradaban yang madani guna mewujudkan daerah yang maju dengan sumberdaya yang potensial. Bersama IKA Unhas Jeneponto, Dari Jeneponto Untuk Indonesia. (**)