RAKYAT.NEWS, JENEPONTO – Pemerintah Kabupaten Jeneponto melalui Dinas Ketahanan Pangan mengadakan Gelar Gerakan Pangan Murah (GPM) di Desa Tanjonga dan Desa Jombe, Kecamatan Turatea, Senin (27/11/2023).

Di sini, masyarakat bisa mendapatkan bahan pangan dengan harga murah dan kualitas yang terjamin.

Pada Gelar Pangan Murah ini, Dinas Ketahanan Pangan Jeneponto berkolaborasi dengan Bulog Bulukumba, Id Food, Misi Pasar Raya, Berdikari Jeneponto, Gapoktan dan UMKM.

Gelar Pangan Murah pun disambut antusias warga. Salah satunya, Salmia (50) warga Desa Tanjonga. Ia merasa terbantu dengan adanya pasar murah ini.

Ia tampak berbelanja telur, beras, serta minyak goreng untuk ketersediaan pangan di rumahnya.

“Antre tidak terlalu lama dan harganya pun murah. Selisihnya bisa sampai Rp3.000,” terangnya.

Ia berharap, harga kebutuhan pokok terus terjaga dan stabil saat memasuki bulan Ramadan dan juga memasuki Idul Fitri.

Sementara itu, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Jeneponto Hartawan GS menyebut, Gelar Pangan Murah ini sebagai upaya menjaga harga bahan pangan agar tetap stabil di musim kemarau saat ini.

“Saat ini harga-harga kecenderungannya akan naik. Tetapi mudah-mudahan dengan adanya Gelar Pangan Murah ini kita bisa menekan harga ini stabil tidak ada kenaikan, Insya Allah ini bermanfaat,” ucapnya.

Hartawan juga menyebut ingin memberikan keyakinan kepada masyarakat bahwa stok pangan di Jeneponto aman terkendali.

Menurutnya, inflasi di Jeneponto saat ini masih dalam status yang terbaik di Sulawesi Selatan.

“Jadi kami harapkan masyarakat tidak perlu panic buying. Saat ini baik itu harga ataupun ketersediaannya sudah mencukupi,” terangnya. (*)