Dilaporkan: Tim Jelajah Jeneponto 161 (Tulisan Khusus Pelaksana Hari Jadi Jeneponto Ke 161)

Bagian Keenam

Agusalim Sijaya
(Sekretaris Diskominfotik Jeneponto)

Puncak Peringatan Hari Jadi Jeneponto yang ke-161 digelar pada Rabu, 1 Mei 2024 di Lapangan Passanaturukang Bontosunggu Kelurahan Empoang Jeneponto.

Sebelumnya berbagai kegiatan perayaan berlangsung meriah dan semarak, seperti Lomba desain Logo Hari Jadi, Kontes Kuda Lokal ‘Jarang Patta’ba’, Aksi Sipaka’Ada’, Run Race, Mini Soccer, Festival Gantala Jarang, Kontes Panahan, Parade Drumb Band, Pacarita Budaya, Lomba Essay dan foto selfi, dan Hiburan rakyat.

Peringatan Hari jadi 161 berlangsung semarak dan meriah melalui berbagai kegiatan dan event perayaan. Semarak perayaan tersebut maksimal dirasakan oleh warga yang berdomisili di kawasan perkotaan, dan ke depan tentunya harus lebih menyentuh secara massif dan optimal pula hingga ke kecamatan, desa/kelurahan dan pelosok kampung.

Momentum hari jadi ini juga menjadi refleksi bahwa Jeneponto saat ini terus bergerak dinamis. Aspek kemajuan teknologi informatika menjadi salah satu sektor strategis yang terus tumbuh dengan baik, melalui upaya transformasi digital hingga ke pelosok desa. Saat ini wilayah blank spot semakin berkurang, demikian halnya dengan layanan akses internet gratis di beberapa sekolah dan layanan puskesmas yang dihadirkan oleh BAKTI Kemenkominfo.

Ini ditandai pula dengan hasil penilaian indeks Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik oleh Kemenlan RB di tahun 2023 yang menetapkan Pemkab Jeneponto meraih predikat Baik. Indeks ini sebagai implementasi sistem tata kelola pemerintahan dan pelayanan publik yang sudah berbasis digital.

Kita berharap digitalisasi ini di seluruh ruang layanan publik terus tumbuh semakin maju yang berdampak pada peningkatan kualitas SDM masyarakat serta pertumbuhan dan transaksional perekonomian daerah yang semakin membaik.