RAKYAT.NEWS, JENEPONTO – Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Jeneponto telah mendistribusikan 50 ribu liter air bersih kea empat kecamatan yang terdampak kekeringan akibat kemarau panjang.

Puluhan ribu liter air bersih tersebut berhasil didistribusikan dalam waktu empat pekan, terhitung sejak 28 Agustus hingga hari ini.

“Kami hadir menolong sepenuh hati untuk warga yang membutuhkan. Pendistribusian air bersih dilakukan di empat kecamatan di antaranya Kecamatan Bangakala, Tamalatea, Kelara dan Bontoramba” ujar Ketua PMI Kabupaten Jeneponto Islam Iskandar, Sabtu (29/09/2023).

Adapun, lanjutnya, warga penerima manfaat yaitu sebanyak 5.000. Bantuan diberikan menggunakan truk tangki air bersih milik PMI Pusat. “Sedikitnya 5 relawan PMI kami turunkan setiap melakukan pendistribusian,” ujarnya.

Ketua PMI Jeneponto Islam Iskandar Memberikan Bantuan Kepada Warga

“Adapun beberapa wilayah yang pernah dijangkau antaralain Desa Bontosungu, Desa Turatea , Desa Je’netallasa, Kelurahan Tolo Utara, Kelurahan Tolo, Desa Samataring, Desa Maero, Desa Baraya dan Kelurahan Bontoramba dan lain sebagainya,” terang Islam.

Armada tangki air berkapasitas 5.000 liter dan siap mendistribusikan ke berbagai wilayah yang memerlukan.
“Kami juga sudah mengimbau rekan-rekan Relawan, Ketua Ranting PMI Kecamatan se-Kabupaten Jeneponto untuk menginformasikan, bila ada sumur warga yang mengalami kekeringan dan membutuhkan air bersih ,” tambahnya.

Dalam satu hari, pihak PMI sanggup mendistribusikan satu hingga tiga wilayah. Untuk suplai air bersih.

Di sela-sela kesibukannya sebagai sebagai ketua Komisi I DPRD Jeneponto, Islam Iskandar bersama pengurus dan KSR masih sempatkan diri turun langsung memantau distribusi air sekaligus memberikan bantuan kepada korban kekabakaran di beberapa desa di Kabupaten Jeneponto. (*)