RAKYAT.NEWS, JENEPONTO – Ratusan warga Desa Ujung Bulu, kerja sama dengan Pengurus Besar Himpunan Pelajar Mahasiswa Turatea (PB-HPMT), Kecamatan Rumbia, Kabupaten Jeneponto, Provinsi Sulawesi Selatan mengarak bendera merah putih sebanyak 78 lembar menuju ke puncak Agrowisata Bontolojong dalam rangka menyemarakkan HUT RI ke-78.

Bendera tersebut mulai diarak dari halaman rumah kepala Desa Ujung Bulu, sekitar pukul 13.30 Wita sore, Selasa (15/8/2023).

Tampak sejumlah Mahasiswa HPMT dan warga ikut dalam rombongan sambil jalan kaki mengarak bendera merah putih mengenakan pernak-pernik merah putih dengan jarak 6 km menuju ke puncak Agrowisata Bontolojong diatas 1800 MDPL.

Aksi pengarakan bendera ini juga mengundang perhatian warga sekitar yang dilewati. Warga yang tak ingin ketinggalan lantas mengabadikan momentum langka tersebut dengan mengambil foto dan merekam video.

Pengiring bendera tampak harus ekstra hati-hati sebab angin sesekali bertiup kencang membuat mereka kesulitan. Bahkan sesekali pengiring bendera harus singgah untuk memperbaiki pegangan bendera.

Kepala Desa Ujung Bulu Mansur yang sekaligus inisiator pengarakan dan pengibaran bendera merah putih sebanyak 78 lembar yang menandakan sudah 78 tahun Indonesia merdeka dari penjajahan yang diikuti ratusan warga dan Mahasiswa yang tergabung di PB HPMT.

“Estimasi massa yang akan ikut membawa bendera sekitar 200 orang. Terdiri dari warga dan pengurus besar HPMT,” kata Mansur Selasa, (15/08/2023)

Ia menjelaskan acara ini diinisiasi oleh Pengurus Besar Himpunan Pelajar Mahasiswa Turatea (PB-HPMT) dengan mengajak komisariat yang berada di perguruan tinggi Makassar dan Jeneponto dan segenap warga masyarakat Desa Ujung Bulu.

“Pelibatan masyarakat dengan mengarak bendera tujuannya agar semangat kemerdekaan ini dirasakan lebih luas,” paparnya.

Diketahui, bendera tersebut memiliki panjang 2 meter dan lebar 1 meter.