Setiap tahunnya wadah ini memiliki peran strategis pada peringatan HUT Proklamasi Kemerdekaan R.I.

Menurutnya Sang Merah Putih adalah salah satu simbol Negara yang harus dibentangkan, dikibarkan dan diamankan oleh pasukan ini. Dan tidak semua memiliki kesempatan dan mampu untuk menunaikan tugas dan amanah yang mulia tersebut.

Seorang paskibraka harus memiliki nyali dan kepercayaan diri yang tinggi, tampil gagah perkasa, mandiri, konsisten dan didukung oleh wawasan kebangsaan dan kadar intelegensia yang baik.

“Proses seleksi ini adalah bagian dari penguatan sikap dan karakter. Bukan hanya fisik yang harus paripurna tetapi juga mental yang prima. Seluruh peserta seleksi memiliki peluang dan kesempatan yang sama untuk lolos dalam proses ini. Untuk itu, kepada adik-adik sekalian, ikuti tahapan seleksi ini dengan baik. Bersaing secara sehat. Karena semua proses yang dijalankan oleh panitia dan tim seleksi akan dilaksanakan dengan jujur, adil dan sportif,” ujarnya.

Wabup Paris Yasir juga berpesan kepada peserta yang belum terpilih untuk terus bersemangat karena pengembangan kualitas dan potensi diri banyak tersedia di berbagai sektor lainnya.

“Teruslah belajar, bangun terus kualitas dan potensi diri, kembangkan kreatifitas dan kelak kalian semua akan menjadi pemimpin dan memberikan sumbangsih terbaik bagi kemajuan bangsa dan Negara,” tutup Paris Yasir. (**)