RAKYAT.NEWS, JENEPONTO – Pemerintah Kabupaten Jeneponto, Sulawesi Selatan, bekerja sama dengan sejumlah badan usaha milik negara (BUMN), Bulog, TPID, ID Food, PT Bokhpand, dan Misi Pasar Raya menggelar Gerakan Pangan Murah dalam rangka Peringatan Hari Pangan Sedunia Tahun 2023.

Kegiatan Ini berlangsung secara virtual dari Jakarta yang dihadiri oleh Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Plt Menteri Pertanian Arief Prasetyo Adi, Wamen Pertanian Harvick Hasnul Qolbi, Kepala Badan Ketahanan Pangan Agung Hendriyadi,  Plt Kepala BPS Amalia Adininggar Widyasanti dan sejumlah pejabat lainnya.

Sementara Kegiatan Gerakan Pangan Murah tingkat Kabupaten Jeneponto yang di inisiasi oleh Dinas Ketahanan Pangan Jeneponto dan Bagian Administrasi Perekonomian Setda Kabupaten Jeneponto berlangsung di Kelurahan Manjangloe, Kecamatan Tamalatea, Kabupaten Jeneponto, Senin (16/10/2023).

Dalam kegiatan Gerakan Pangan Murah ini disediakan berbagai komoditas pangan seperti beras, minyak goreng, tepung terigu dan telur ayam ras yang dijual dengan harga murah.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Jeneponto Hartawan GS mengatakan kegiatan tersebut merupakan bagian dari kegiatan akan digelar secara serentak oleh Badan Pangan Nasional pada hari Senin 16 Oktober 2023.

“Alhamdulillah pada kegiatan hari ini, antusiasme masyarakat sangat tinggi. Komoditas pangan yang dijual laris manis sejak pagi,” ungkapnya.

Lebih lanjut, dia mengatakan Gerakan Pangan Murah tersebut ditujukan untuk membantu masyarakat mendapatkan bahan pangan pokok dengan harga murah atau terjangkau.

Selain itu, kata Hartawan, menjaga ketersediaan pasokan komoditas pangan serta mendekatkan dengan masyarakat secara langsung.

“Komoditas pangan yang disediakan, antara lain sembako termasuk pangan olahan yang disediakan teman-teman dari Bulog, ID Food, PT Bokhpand, dan Misi Pasar Raya,” jelas Hartawan.

Saat ditemui usai membuka Gerakan Pangan Murah, Wabup Jeneponto Paris Yasir mengapresiasi penyelenggaraan kegiatan tersebut.