RAKYAT.NEWS, JENEPONTO – Semarak Peringatan Hari Tuberkulosis (TBC) tingkat kabupaten yang dirangkaikan dengan Peringatan hari Posyandu Tingkat Kabupaten Jeneponto berlangsung meriah.

Kegiatan ini di inisiasi oleh Lembaga Mitra Turatea kerjasama Dinas Kesehatan kabupaten Jeneponto.

Kegiatan berlangsung di Kantor Kelurahan Balang, Kecamatan Binamu, dan dihadiri langsung oleh Pj. Bupati Jeneponto Junaedi B. S. Sos. MH, Rabu (8/4/2024).

Turut hadir para Kepala Puskesmas Se- Kabupaten Jeneponto, Camat Binamu serta perwakilan Kader TBC Se-kabupaten Jeneponto.

Tema Peringatan TB Tingkat Nasional Tahun 2024 adalah “Gerakan Indonesia Akhiri Tuberkulosis.”

Kepala SSR Lembaga Mitra Turatea, Abdul Rachmad. SKM. M. Kes dalam sambutannya menyampaikan bahwa Indonesia merupakan negara dengan jumlah penduduk urutan kedua terbesar di dunia menderita penyakit Tuberkulosis setelah India.

Di tingkat nasional Provinsi Sulsel masuk dalam 10 besar dengan jumlah penduduk Penderita TBC. Untuk skala Sulsel Kabupaten Jeneponto masuk dalam 10 besar kabupaten terbanyak penderita TBC.

 

Pj. Bupati Jeneponto Junaedi dalam sambutannya mengapresiasi kegiatan ini dengan model kolaborasi antar stakeholder. Ia yakin kedepan Kabupaten Jeneponto bisa mencapai eliminasi TB tahun 2030 dengan zero kasus sesuai target pemerintah pusat.

Sementara Kadis Kesehatan Jeneponto Syusanti Mansyur dalam sambutannya menyampaikan bahwa untuk data tahun 2024 trend kasus TB di Kabupaten Jeneponto menunjukkan trend penurunan kasus berkat atas kerjasama seluruh stakeholder terkait Tim SSR Lembaga Mitra Turatea sebagai salah satu Lembaga yang fokus dan peduli di bidang kesehatan.

Puncak kegiatan peringatan TB Day dan hari Posyandu Tingkat Kabupaten Jeneponto adalah pemberian Piagam Penghargaan kepada Kader-kader TBC terbaik dari perwakilan Seluruh kecamatan dan wilayah kerja Puskesmas, serta kunjungan ke Posyandu Sang Lebang Kelurahan Balang untuk penyerahan bingkisan untuk ibu-ibu yang memiliki Baduta. (*)