RAKYAT.NEWS, JENEPONTO – Acara Gebyar Budaya Je’ne Jene Sappara, di pantai Tobereka, Desa Borongtala, Kecamatan Tamalatea, dihadiri dan dibuka oleh Pj Bupati Jeneponto Junaedi Bakri, bersama unsur Forkopimda, dan Unsur Pimpinan OPD Kabupaten Jeneponto, Rabu (7/2/2024).

Dalam sambutannya Kepala Desa Borongtala Efendi Amba menyampaikan bahwa acara Je’ne Je’ne Sappara Ini adalah agenda tahunan yang sudah turun temurun dilakukan menjadi sebuah warisan budaya dari generasi ke generasi.

Dikatakannya, Manggaukan Dg Riolo adalah seorang tokoh yg terlahir dari daerah Karampang Pa’ja dan menjadi seorang raja di Binamu. Dan Je’ne Je’ne Sappara ini kemudian menjadi kegiatan warisan budaya yang senantiasa di lestarikan dari zaman ke zaman untuk mengenang dan menghargai eksistensi Manggaukan Dg Riolo sebagai penghormatan warga Borongtala khusunya sebagai tradisi yang dipertahankan dan dilestarikan.

Sebelum membuka kegiatan Gebyar Budaya Adat ini, PJ Bupati Jeneponto Junaedi Bakri menyampaikan penghargaan dan terimakasih Kepada Warga Borong tala, “Acara ini harus dijaga dan dilestarikan, tentunya agar menjadi Warisan Budaya untuk kita semua, dan saya ucapkan terimaksih atas keikhlasan warga borong tala menjaga kelestarian budaya ini,” ujarnya.

Junaedi juga menyampaikan bahwa kehadirannya di kabupaten Jeneponto selama menjadi Penjabat Bupati akan senantiasa berupaya semaksimal mungkin untuk mengedepankan unsur perbaikan di bidang pendidikan dan kesehatan.

Diakhir penyampaiannya Junaedi Bakri mengingatkan kepada seluruh warga dyesa Borong tala untuk menjaga dan mengawal pelaksanaan Pemilu tanggal 14 Februari 2024 agar tetap aman dan kondusif.”Teaki eroki sigenra genrai,” tutupnya dalam bahasa Makassar. (*)