RAKYAT.NEWS, JENEPONTO – Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Jeneponto memastikan pemilihan kepala desa atau Pilkades di 9 desa di Kabupaten Jeneponto bakal terselenggara tahun 2023 ini.

Pilkades di 7 kecamatan tersebut yakni, di Desa Maccini Baji, Kaluku (Kec. Batang), Jenetallasa (Kec. Bangkala), Borongtala (Kec. Tamalate), Baraya (Bontoramba), Bulo- bulo (Kec. Arungkeke), Tombolo, Bontonompo (Kec. Kelara) dan Bontotiro (Rumbia).

Ketua Komisi I DPRD Jeneponto, Islam Iskandar kepada awak media, Kamis (8/6/2023) siang, menyebutkan pihaknya telah melakukan rapat terkait Pilkades dengan Dinas Pemberdayaan dan Pemerintahan Desa (PMD) Jeneponto.

“Untuk jadwal Pilkades serentak 9 desa itu pada 19 Oktober 2023, dan saat ini sudah masuk tahapan, kita juga sudah menggelar rapat pertemuan dengan PMD, dan PMD sudah membentuk 5 tim untuk turun ke desa untuk mengintruksikan pembentukan panitia pemilihan desa, “jelas Islam Iskandar yang merupakan legislator partai Demokrat.

Selain itu, Islam juga berharap Pilkades mendatang berjalan sukses dan lancar. “Kita berharap sukses dan lancar, serta melahirkan pemimpin yang berkualitas,” tambah Islam.

Anggota Komisi I DPRD Jeneponto, Didis Suryadi, mengungkapkan bahwa pihaknya bakal meminta ke PMD agar Komisi I dilibatkan dalam seleksi calon kepala desa, agar betul- betul memastikan Pilkades dapat melahirkan pemimpin yang layak.

“Kami meminta ke PMD agar Komisi I dilibatkan juga dalam seleksi calon kepala desa, agar tidak terjadi lagi ada calon kepala desa yang diloloskan padahal yang bersangkutan tidak tahu membaca, atau ada yang layak namun tidak lolos seleksi,” kata Didis Suryadi.

Pilkades Oktober 2023 mendatang, dianggarkan sebesar sebesar Rp135 Juta ditambah biaya pengamanan sebesar Rp50 Juta, sehingga totalnya mencapai Rp185 Juta. (*)