RAKYAT.NEWS, Jeneponto – Data statistik dasar sektor pertanian secara lengkap dan menyeluruh dikumpulkan melalui kegiatan Sensus Pertanian. Berdasarkan Undang-undang Nomor 16 tahun 1997 tentang statistik, penyelenggaraan Sensus Pertanian menjadi tugas dan tanggung jawab Badan Pusat Statistik (BPS).

ST2023 merupakan kegiatan besar yang terdiri dari rangkaian tahapan kegiatan yang diawali dengan perencanaan, persiapan, pengumpulan data, penyajian dan analisis data. Kegiatan ST2023 sudah dimulai sejak tahun 2021 dan direncanakan seluruh kegiatan akan berakhir tahun 2024.

Menyikapi hal tersebut, BPS kabupaten Jeneponto melaksanakan pelatihan petugas sensus 2023 yang bertempat di Hotel M Regency Makassar, Minggu (21/5/2023).

Kepala BPS Jeneponto Muhammad Kamil dalam sambutannya mengatakan bahwa proses ini merupakan suatu kesatuan dari seluruh rangkaian kegiatan, dan keterlibatan masyarakat.

Kamil menyatakan berkomitmen untuk berkontribusi dalam ST2023 seperti hasil regrosek sebelumnya dan Kabupaten Jeneponto sebagai kabupaten tercepat penyelesaian FKP se-Sulawesi Selatan, ujar Kamil selaku kepala BPS Jeneponto.

Plt Kadis Kominfo dan Statistik Jeneponto Mustaufiq Saat Memberi Sambutan Pelatihan Tim Pendata BPS Jeneponto

Sementara itu, Kepala BPS Sulawesi Selatan Aryanto mengatakan bahwa inovasi yang dilakukan oleh BPS Jeneponto dengan tim Quick Respon yang bekerja maksimal dalam merespon setiap proses di laksanakan sangat optimal, tetap kedepankan kejujuran sebagai panglima dalam menyajikan respon data sehingga Zero Error.

“Kami yakin bahwa di pelatihan ini akan menghasilkan para pendata yang profesional dalam menjalankan tugas,” ujarnya.

Kepada para instruktur agar sajikan materi dengan menarik sehingga mudah di pahami dan di implementasikan para peserta di lapangan, lakukan review dan evaluasi guna mengetahui hasil pelatihan yang berkualitas, harap Aryanto.

Di tempat yang sama, Mustaufiq selaku Pelaksana Tugas Dinas Kominfo dan Statistik Kabupaten Jeneponto mengatakan bahwa kolaborasi yang terbangun antara Pemerintah Daerah (Pemda) dan Badan pusat Statistik Jeneponto terus berjalan dengan baik.