JENEPONTO – Anggota DPR RI, Komisi IX, Aliyah Mustika Ilham kunjungi Kabupaten Jeneponto, edukasi warga terkait pangan dan obat-obatan aman kepada komunitas rumah tangga, petani, serta komunitas pangan ritel.

Baca Juga : Sosialisasi Penurunan Stunting di Takalar, Aliyah Mustika Sampaikan Hal Ini

Bersama Balai Besar POM Makassar, kehadiran Aliyah di tengah masyarakat untuk menghindarkan masyarakat dari berbagai pangan maupun obat-obatan yang berbahaya.

 

Ia mengatakan bahwa di era teknologi saat ini berikan dapat memberikan dampak positif karena terdapat kemudahan akses untuk dapatkan maupun menjual produk di semua wilayah, namun yang menjadi hal negatif dari hal tersebut adalah tidak terkontrolnya barang yang diperjual belikan.

 

“Era digital saat ini, memberi dampak positif dan negatif. Positifnya karena berbagai kemudahan dalam mendapatkan produk ataupun menjual produk tanpa batasan wilayah. Namun, sisi negatifnya semakin sulit mengontrol produk yang diperjual belikan,” ujarnya.

 

Lanjutnya, hal yang dapat dilakukan untuk mengantisipasi beredarnya produk berbahaya bagi tubuh, dengan memberikan pemahaman kepada masyarakat dalam memilih produk sehat dan aman.

 

“Masyarakat harus berpartisipasi aktif dalam pengawasan produk yang beredar, memiliki pengetahuan tentang produk-produk yang aman,” lanjutnya.

 

Hal senada diungkapkan Kepala Balai Besar POM di Makassar, Dra Hardaningsing,Apt M.HSM, berharap masyarakat dapat menjadi kontrol dalam peredaran produk khususnya di pasar online.

 

“Jika menemukan produk yang tidak memiliki izin BBPOM sebaiknya segera melaporkan ke BBPOM, selain itu masyarakat pun dapat mengecek secara langsung kebenaran izin BPOM yang terdapat di produk dengan mengunjungi web BPOM di laman https;//cekbpom.pom.go.id.,” tuturnya.

 

Sosialisasi ini pun dihadiri oleh Kepala Desa Tompobulu Kec Rumbia, Hj Mawrwiah, SPdi; Koordinator KS Informasi dan Komunikasi, Dra Adilah Pababbari, Apt,MM, serta Erni Arnida Apt MH