MAKASSAR – Rektor Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar (UINAM) Prof Dr. Hamdan Juhannis memberikan materi peradaban islam terkinikan di hadapan 8 mahasiswa Doktoral Hukum Program Pascasarjana UIN, Rabu (6/7/2022).

Saat ini kita di perhadapkan oleh sebuah peradaban yang membutuhkan kekuatan spiritual guna memproteksi setiap individu dari wujud interaksi dan perilaku dalam keseharian yang cenderung semakin bebas, ujar Mustaufiq salah seorang mahasiswa program doktoral hukum yang mengikuti kegiatan tersebut.

Mustaufiq mengatakan bahwa hadirnya UIN di tengah masyarakat akan mampu memberi solusi terhadap semakin majunya peradaban dengan tantangan yang multidimensi.

Diantaranya, lanjut Mustaufiq ialah melakukan penegakan hukum dengan pendekatan perspektif islam yang diharapkan akan dapat memberi solusi problematika di tengah masyarakat dengan berlandaskan undang-undang dan aturan serta nilai dan etika yang lebih Humanis, ujar Mustaufiq yang saat ini menjabat pelaksana tugas Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika kabupaten Jeneponto tersebut.

Pada closing statement Prof.Dr. Hamdan Juhannis (Rektor UIN) mengatakan bahwa menghadapi era yang memiliki tantangan semakin besar ini kita harus mampu mengambil sikap thinking out of the box.

Yaitu berpikir di luar kotak atau berpikir di luar kebiasaan adalah cara berpikir di luar batasan masalah yang ada ataupun cara berpikir dengan menggunakan perspektif yang baru.

Dengan demikian kita akan mampu berfikir dan bertindak lebih berani dan terukur, pungkas guru besar bergelar profesor bidang Ilmu Sosiologi tersebut.(**)