JENEPONTO – Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Jeneponto H. Muh. Arifin Nur hadiri rapat koordinasi dan sosialisasi persiapan uji klinis vaksin BUMN Biofarma Covid -19 fase ketiga di Gedung Sipitangarri, Selasa (24/05/2022).

Rapat koordinasi dan sosialisasi uji klinis tersebut dihadiri jajaran Polsek, Danramil, Camat, Lurah dan Kepala desa se-kabupaten Jeneponto.

Diketahui Jeneponto menjadi salah satu daerah yang menjadi lokus uji klinis bersama dengan tiga daerah lainnya yakni Jakarta, Semarang dan Padang.

Sebelumnya uji klinis fase pertama dan kedua di Jeneponto telah dilakukan masing-masing di Puskesmas Tamalatea dan Puskesmas Bontoramba.

Kepala Dinas Kesehatan Syusanty A. Mansyur dalam sambutan menyampaikan kebanggan dan rasa syukur karena Indonesia melalui BUMN akan memiliki vaksin sendiri.

“Hari ini sangat membanggakan karena Jeneponto menjadi salah satu kabupaten yang terpilih sebagai lokus uji klinis, Insya Allah kedepan kita akan memasuki tahap kemandirian vaksin tanpa harus tergantung pada buatan negara lain,”ujarnya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Muh. Arifin Nur dalam sambutan menyampaikan apresiasi kepada tim peniliti Universitas Hasanuddin yang telah bekerja keras dalam usaha meningkatkan derajat kesehatan masyarakat Jeneponto.

Ia juga menambahkan agar pemerintah kecamatan, pemerintah desa dan kelurahan dapat memberikan edukasi serta mendorong masyarakat untuk berbondong-bondong ke Puskesmas.

“Tanggal 1 juni nanti kita berharap masyarakat dapat antusias berbondong-bondong ke Puskesmas yang melayani untuk melakukan vaksin, “ujar Arifin Nur.

Acara kemudian dilanjutkan dengan sosialisasi oleh ketua tim peneliti Universitas Hasanuddin Makassar. (*)